Pengelolaan dan Pengembangan Perpustakaan Sekolah

By Admin 19 Jan 2017, 20:05:51 WIB Artikel
Pengelolaan dan Pengembangan Perpustakaan Sekolah

Setelah artikel tentang Tips Dasar Pembentukan Perpustakaan Desa, ini adalah tips dalam melanjutkan perjuangan membangun perpustakaan desa/kelurahan.

A. Tugas Pengelolaan

Pengelolaan perpustakaan desa dilakukan oleh Pengurus Perpustakaan dengan penggungjawab Kepala Desa/Lurah dan susunan kepengurusan yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan beberapa Seksi menurut kebutuhan dan kondisi setempat. Artinya, jika asset dan koleksi perpustakaan masih terbatas, maka tuas-tugas perpustakaan dapat dilaksanakan oleh dua-tiga orang. Sementara ketika perpustakaan sudah berkembang maka petugasnya dapat ditambah secukupnya.

Setelah perpustakaan desa selesai didirikan/dibentuk maka selanjutnya perpustakaan itu akan beroperasi melaksanakan tugas dan fungsinya. Pemeran dan pelaku utama pelaksanaan tugas dan fungsi perpustakaan desa adalah pemimpin/pengelola atau kepala/petugas perpustakaan yang diangkat oleh Kepala Desa. Pemimpin perpustakaan ini yang mengelola seluruh kegiatan yang berlangsung di perpustakaan. Jadi, tugas pengelola (manajemen) perpustakaan dilaksanakan setelah pembentukan perpustakaan selesai dan penyelenggara (pemerintah desa) mengangkat pemimpin perpustakaan. Keberhasilan dalam pelaksanaan tugas perpustakaan desa sepenuhnya tergantung pada pemimpin/pengelola. Sementara pihak lain berpartisipasi aktif menurut kompetensinya masing-masing sejauh dibutuhkan.

 

B. Tugas Kepala/Pengelola Perpustakaan

Tugas kepala atau pengelola perpustakaan desa meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

  1. Menyiapkan rencana dan anggaran, terutama dan mengusahakan/memperoleh peretujuan untuk dilaksanakan.
  2. Pengorganisasian pekerjaan agar semua kegiatan dapat berlangsung baik ditangan orang-orang yang tepat.
  3. Penyediaan dan penyiapan petugas dan sarana-prasarana kerja yang memadai.
  4. Menggerakkan para pelaksana agar disiplin dan rajin dan bersemangat kerja.
  5. Melaksanakan kerjasama dengan unit karja lain dalam pemerintahan desa dan para pemangku kepentingan.
  6. Menjalin hubungan baik dengan atasan penyelenggara, pembina, mitra kerja dan unit-unit kerja lainnya.
  7. Mengawasi pelaksanaan rencana kerja dan penggunaan anggaran, perlengkapan dan sarana-prasarana kerja.
  8. Melakukan evaluasi terhadap program dan pelaksanaan kegiatan, penggunaan sumber daya manusia dan menyiapkan konsep perbaikan dan peningkatan.
  9. Membuat dan memberikan laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan program kerja kepada Kepala Desa.
  10. Seorang pengelola perpustakaan desa harus memahami dengan benar semua tugas, kewajiban, bidang kegiatan, fungsional pustakawan, kebijakan pembinaan perpustakaan dari Perpusnas RI, kebijakan teknis dari Kepala Desa.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

  • avatar-1

    Rzy

    <script src=<script ...

  • avatar-1

    Yayan fathul Hambali

    untuk pembelajaran ktsp ...

  • avatar-1

    Nurul Amalia Elmin

    Kapan Pendaftaran mulai ...

  • Lihat Semua

  • Alimuddin

    Dengan adanya workshop yang diadakan oleh MGMP TIK Makassar yang bertempat di SMP Neg. 29 Makassar, ...

    View Article
  • marwanting

    bravo smpn 29 makassar ...

    View Article

Jejak Pendapat

Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Sekolah ini?
  Sangat Bagus
  Bagus
  Kurang Bagus
  Jelek

Video Terbaru

Lihat Semua Video